Posted by: Hernowo | June 11, 2008

Apakah Musik Haram ?

Ada diskusi agak panjang di milis GAMAIS ITB minggu ini tentang boleh tidaknya bermusik. Hal ini mengingatkan diskusi saya di akhir tahun 1991 ketika saya baru masuk ke ITB. Saat itu saya mengikuti pengajian dari rumah ke rumah yang sering disebut tarbiyah. Dalam satu sesi, kita sempat berdiskusi tentang boleh tidaknya musik.

Satu hal yang saya agak heran adalah seringkali kita tidak konsisten antara perkataan dengan perbuatan. Dalam menyikapi sesuatu, terkadang sangat situasional. Saya ingat betul waktu itu salah seorang kawan dengan keras berargumen bahwa musik tidak diperbolehkan dalam Islam. Dia menyebutkan serangkaian hadits mirip seperti hadits yang disampaikan oleh salah satu anggauta milis minggu lalu. Padahal kalau saya amati dalam keseharian, dia juga sering mendengarkan radio, tape, dll. Untungnya saat itu suasana diskusi cukup santai dan dibarengi dengan canda tawa Рjadi tidak terlalu tegang. Juga banyak alasan dan logika yang disampaikan, meskipun tidak didasari oleh hadits atau ayat Рkarena memang kurang begitu paham.

Saya sendiri termasuk orang yang berpendapat bahwa musik bisa boleh dan bisa tidak tergantung dari jenis musiknya. Mengapa demikian ? Karena menurut saya, esensi dari musik adalah suara. Dan esensi dari suara adalah frekwensi. Dari segi esensinya, tidak ada bedanya antara musik dengan perkataan kita sehari-hari. Kalau kita tidak tahu bahasa musik, ya sama saja orang sunda tidak tahu bahasa Jawa atau Madura. Orang Indonesia tidak tahu bahasa Urdu.

Jadi, mestinya tidak masuk akal kalau yang dilarang adalah musik. Pasti ada penjelasan lain atau ada latar belakang yang menyertainya jika ada larangan dalam bermusik. Baik itu jenis nya, waktunya, atau apapun. Itulah sebabnya kita harus memahami betul konteks dari sebuah hadits atau ayat, sebelum kita mengambil kesimpulan.

Saigon, June 11, 2008


Leave a Reply

Categories

