Posted by: Hernowo | December 7, 2008

The Basic Concept of Human Design-3

Komponen kedua adalah Insting atau naluri. Insting ini diberikan oleh Allah ke semua makhluk hidup ciptaannya. Fungsi utama insting adalah untuk bertahan hidup dan menjaga generasi. Dalam bahasa agama, insting sering disebut sebagai Gharizah.

Ketika bayi pertama kali lahir ke dunia, maka dia secara otomatis akan menangis. Tangisan bayi juga cukup seragam. Tangisan bayi merupakan salah satu insting yang diberikan oleh Allah kepada manusia. Burung tidak pernah diajari membuat srang. tapi kita melihat semua burung dengan jenis yang sama cenderung membuat sarang yang mirip. Kemampuan membuat sarang merupakan anugrah Allah kepada si burung. Seorang laki-laki normal yang mulai bayi sampai umur 25 tahun tidak pernah bertemu dengan wanita, begitu dia bertemu dengan wanita akan mempunyai gairah sebagaimana layaknya lelak kepada wanita. Ini merupakan insting yang diberikan Allah agar manusia bisa melanjutkan keturunannya.

Insting memungkinkan kita meresponse secara otomatis berbagai perubahan yang ada dilingkungan kita berada, sekali lagi, sebagian besar untuk alasan yang sangat mendasar: survival. Dengan demikian, kita bisa sejauh mungkin terhindar dari berbagai hal yang membahayakan, dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk bertahan hidup dan melanjutkan generasi. Insting merupakan basic survival equipment yang diberikan Allah kepada kita sebagai hambanya, sebagai salah satu bentuk Kasih sayang Nya yang tiada berhingga.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: