Posted by: Hernowo | December 7, 2008

The Basic Concept of Human Design-2

Sekarang mari kita lihat komponen pertama yang disebut indera. Kalau melihat kembali pelajara biologi, kita tahu bahwa manusia dibekali dengan 5 indera yang disebut panca indera. Selain itu, ada bentuk indera yang lain seperti indera untuk mengatur keseimpbangan, kinetik, dan lain-lain. Indera ini sangat penting untuk meresponse apa yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Konsep indera ini banyak ditiru oleh manusia dalam menciptakan berbagai macam peralatan. Dalam ilmu pengetahuan, indera ini sering dikenal dengan nama input devices (sensor, penangkap signal, dll).

Indera jelas sangat bermanfaat. Dengan indera, manusia bisa mengetahui apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Tetapi di sisi lain, kita juga harus menyadari bahwa indera ini mempunyai keterbatasan. Mata tidak bisa melihat secara lagsung sesuatu di balik tembok, maupun yang jaraknya sangat jauh. Demikian juga indera yang lain. Berbagai macam peralatan dibuat manusia untuk membantu meningkatkan kemampua indera. Tetapi tetap saja, masih punya keterbatasan. Misalnya, kita tidah tahu apakah temen kita bohong atau jujur.

Selain itu, indera juga sering membohongi manusia. betapa sering kita seolah-olah mencium sesuatu, padahal bau itu tidak ada. Mata kita juga sering berbohong dengan fenomena fatamorgana. Ketika siti Hajar berlari-lari antara safa-marwa sampai tujuh kali, pada saat itu mata membohongi beliau. Pada waktu SMA kita pasti pernah belajar bagaimana sebatang lidi yang dimasukkan ke dalam air di dalam gelas, terlihat seolah-olah menjadi patah.

Untunglah Allah sangat sayang pada manusia. Dia tidak membiarkan manusia hanya dibelaki dengan indera. Ada komponen lain yang Dia berikan sebagai bekal kepada manusia agar bisa selamat dalam perjalanan yang melelahkan dan sangat berat mengarungi ganasnya dunia. Anda bisa baca di bagian ke tiga dari tulisan saya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: